Saturday 8 September 2012

Dr. No

Resensi Film: Dr. No (7.4/10)

Tahun Keluar: 1962
Negara Asal: UK
Sutradara: Terence Young
Cast: Sean Connery, Ursula Andress, Joseph Wiseman

Plot: James Bond dikirim ke Jamaica untuk mengusut hilangnya seorang agen Inggris yang sedang menyelidiki koneksi antara kegiatan misterius di sebuah pulau kecil di pantai Jamaica dan kegiatan sabotase terhadap program antariksa AS di Cape Canaveral (IMDb).

Dibuat dengan ekspektasi yang rendah, Dr. No dibuat dengan anggaran sebesar satu juta dollar saja! Bahkan untuk ukuran tahun 1962, satu juta dollar adalah jumlah yang kecil untuk pembuatan sebuah film. Di luar dugaan, penonton ternyata terkesima dengan hasilnya! Mempertimbangkan novel aslinya, karya Ian Fleming, yang cukup gelap -- sex and violence and so on, yang jika disajikan dengan secara blak-2an/gaya realism bakalan tidak lulus sensor -- saat itu Hollywood menerapkan aturan sensor Motion Picture Production Code (MPPC)/Hays Code, sutradara Terence Young memutuskan membumbui cerita yang ada dengan humor yang cukup dan khususnya men-stylize karakter-2nya. Hasilnya, sweet escapism! Kesuksesan tak terduga film ini melestarikan resep/ramuan Young tersebut, yang kemudian terus digunakan dalam film-2 Bond selanjutnya, bahkan sampai saat ini.

Walaupun production design-nya rada kaku dan kasar (gara-2 anggaran yang minim), Dr. No berhasil meletakkan elemen-2 dasar untuk film-2 Bond selanjutnya. Opening credits: gun barrel sequence dan main title sequence, keduanya highly stylized, diciptakan oleh Maurice Binder, terus digunakan sampai saat ini. Bond theme: musik bebop-swing diiringi dengan petikan gitar listrik yang vicious, dark, dan distorted, ditulis oleh Monty Norman, diaransir oleh John Barry, juga terus digunakan sampai saat ini. Bond's character: suave (berbudaya) & sophisticated (berselera); tuxedo & vodka martini, 'shaken, not stirred'. Bond's introduction: "Bond, James Bond." Bond's boss: M, yang pada tahun 1995 untuk pertama kalinya diperankan oleh wanita. M's secretary: Miss Moneypenny*), satu-2nya cewek yang tidak pernah naik ranjang dengan Bond ... :-), bahkan sampai terakhir kalinya karakter ini muncul pada tahun 2002. Bond girls: tipe cewek yang hanya ada dalam impian, tidak pernah riel :-) Gadgets/weaponry: peralatan spionase yang canggih/aneh dan senjata genggam yang sederhana. Karakter Q belum ada dalam film ini (dipanggil dengan "the armourer"), tetapi baru muncul dalam film Bond kedua, From Russia with Love (1963). Organisasi kriminal: oknum, bukan negara! Pada jaman dimana studio Hollywood menggambarkan musuh AS adalah negara-2 yang bermusuhan dengan AS, studio Pinewood di Inggris dengan berani menggambarkan musuh AS adalah oknum, bukan negara, apalagi ideologi. Semua musuh Bond adalah oknum, tidak pernah negara atau ideologi, misalnya oknum China, oknum Rusia, dan lain sebagainya -- mereka semua tidak bekerja untuk negara atau ideologi negaranya, tetapi untuk kepentingan diri sendiri: maniak, haus kekuasaan, haus kekayaan.

*) Sadarkah anda bahwa mulai tahun 2006, Casino Royale, karakter Miss Moneypenny tidak lagi ditampilkan?! Why? Padahal karakter ini sudah menjadi bagian integral/tak terpisahkan dari film-2 Bond.

Selain meletakkan elemen-2 dasar untuk film-2 Bond selanjutnya, Dr. No somehow berhasil meninggalkan scene-2 legendaris, yaitu:

1) Ursula Andress muncul dari laut mengenakan bikini berwarna putih.
Sampai saat ini Andress sebagai Honey Ryder tetap bertahan di urutan nomor 1 Top Bond Girls, padahal dia muncul di film satu jam setelah film dimulai! Scene ini di-reprise oleh Halle Berry dalam Die Another Day (2002).

2) Joseph Wiseman muncul di film 1 jam 20 menit setelah film dimulai! :-)
Setelah penonton menunggu ingin melihat bagaimana sich Dr. No yang misterius ini, Wiseman memuaskan perasaan suspense tersebut dengan penampilannya yang aneh dan unik -- karakternya mengatakan bahwa dia adalah keturunan antara misionaris Jerman dan wanita Chinese ... :-) Hasilnya, dalam film-2 Bond selanjutnya, musuh-2 Bond selalu tampil aneh dan unik.

Despite production design yang nampak kaku dan kasar, jika anda penggemar Bond, anda perlu menonton film Bond yang pertama ini.

* 7.4/10

Dr. No dapat anda temukan di eBay.com

No comments: