Wednesday 12 February 2014

Nebraska

2014 Oscar Watch

Nebraska (8.0/10)


Sutradara: Alexander Payne
Script: Bob Nelson
Cast: Bruce Dern, Will Forte, June Squibb, Bob Odenkirk, Stacy Keach

Sutradara & penulis Alexander Payne (Election (1999), About Schmidt (2002), Sideways (2004), The Descendants (2011)), terkenal dengan humor keringnya, dimana kelemahan, kekurangan -- atau cukup sifat dasar -- manusia dan kemalangan adalah “bumbu penyedap” dalam perjalanan mengarungi kehidupan. Ndak enak sih, karena itu mesti dilihat dari sisi humornya -- seperti Chaplin; dalam setiap tragedi, selalu ada sisi humornya. Dalam film ini, walaupun Payne tidak menulis sendiri scriptnya, dia sekali lagi bergumul dengan tema yang dia sukai.

Woody Grant (diperankan oleh aktor veteran Bruce Dern) adalah grumpy old man (pria tua yang senewen). Istrinya, Kate (diperankan oleh aktres TV veteran June Squibb), walaupun sudah capek dengan “keantikan” suaminya, tetap setia padanya. Suatu saat Woody menerima surat/pamflet advertising yang mengatakan bahwa dia memenangkan hadiah 1 juta dollar. Maka, berangkatlah Woody -- seraya ndak nggubris celotehan istrinya, jalan kaki karena mobil utility-nya rusak, dari rumahnya di Billings, di negara bagian Montana ke kantor advertising tersebut di Lincoln, di negara bagian Nebraska (sekitar 1400 km) untuk meminta hadiah tersebut: 1 juta dollar! Di tengah jalan, dia dihentikan oleh polisi dan dikembalikan ke rumahnya. Anaknya, David (diperankan oleh comedian Will Forte), berusaha menyadarkan ayahnya bahwa pamflet advertising itu cuma “gimmick” saja. Tidak peduli nasehat anaknya, Woody berangkat lagi jalan kaki, dan berhasil lagi dihentikan. Ketiga kalinya terjadi, David akhirnya mengalah dan setuju mengantar ayahnya ke Lincoln, Nebraska. Dan mulailah perjalanan ayah dan anaknya ini: tidak hanya perjalanan fisik ke Lincoln, Nebraska, tetapi perjalanan “bonding” antara mereka berdua. Dalam perjalanan, mereka singgah di kota kelahiran Woody, bertemu dengan sanak keluarga dan teman-2 lama, yang mula-2 ramah dan bersahabat, tetapi kemudian mulai mencari-2 masalah setelah Woody -- lagi-2 mengabaikan nasehat David -- memberitahu mereka bahwa dia menang 1 juta dollar :-) Di sini kelemahan, kekurangan, dan sifat dasar manusia menjadi ladang subur bagi Payne untuk memanen humor keringnya.

Di-shot dengan warna hitam-putih, sinematografi film ini membangkitkan kesan melankoli dan disintegrasi (setting yang terlihat terlantar: kota yang sunyi, malam yang senyap, penduduk yang tua); secara tidak langsung mencerminkan memori masa lalu yang semakin pudar. 35 tahun setelah nominasi Oscar-nya yang pertama -- Coming Home (1978) bersama Jon Voight dan Jane Fonda, dimana masing-2 memenangkan Aktor dan Aktres Terbaik, Bruce Dern akhirnya menerima nominasi Oscar lagi untuk perannya sebagai si rambut putih, Woody Grant. June Squibb, di usianya ke 84, akhirnya menerima nominasi Oscar yang pertama untuk perannya sebagai istri Woody. Yang sayang terlewati adalah Will Forte, yang notabene seorang comedian, ternyata berhasil menunjukkan versatilitas-nya sebagai aktor drama yang serius.

All ini all, Nebraska adalah film “bonding” antara orangtua dan anak yang manis -- akhir film yang tak terduga, diakhiri dengan scene yang poignant/menyentuh, berhasil meninggalkan “a lump in my throat” ...  really ...

Nominasi Oscar 2014:
  • Film Terbaik
  • Sutradara Terbaik (Alexander Payne)
  • Aktor Terbaik (Bruce Dern)
  • Aktres Pendukung Terbaik (June Squibb)
  • Script Original Terbaik (Bob Nelson)
  • Cinematography Terbaik


Nebraska dapat anda temukan di eBay.com

No comments: