Thursday 22 January 2015

The Grand Budapest Hotel

OSCAR WATCH 2015

THE GRAND BUDAPEST HOTEL (8.0/10)


Negara Asal: Inggris, Jerman, Amerika Serikat
Sutradara: Wes Anderson
Script Original: Wes Anderson
Cast: Ralph Fiennes, Tony Revolori, Tilda Swinton, Adrien Brody, Willem Dafoe
Sinematografi: Robert Yeoman

Dongeng dari negeri antah-berantah yang terletak di kaki pegunungan Alpen.

Cerita diawali dengan flashback dari seorang penulis (Tom Wilkinson, penulis tua; Jude Law, penulis muda) yang bercerita tentang perjalanan dan pengalamannya ketika dia berkunjung ke hotel tua “Grand Budapest Hotel” di Republik Zubrowka pada tahun 1968. Di sana dia bertemu dengan pemilik hotel, Zero Moustafa (F. Murray Abraham), yang bercerita tentang masa lalunya sebagai lobby boy (Tony Revolori, Zero muda) dan bagaimana dia akhirnya mewarisi hotel tersebut dan mengapa dia menolak menutup hotel yang sudah tua dan nyaris hancur tersebut.



Walaupun film ini cuma 100 menit saja, dongeng yang disampaikan Zero ternyata sangat padat dan berisi: mencakup banyak karakter, meliputi banyak peristiwa, dan masing-2 karakter mempunyai peran yang memorable. Mulai dari concierge yang berdedikasi tinggi pada pekerjaannya, tetapi menyimpan double life sebagai gigolo untuk pengunjung hotel wanita-2 kaya yang kesepian (Ralph Fiennes), pemilik hotel yang misterius (Tilda Swinton), intrik dalam keluarga (Jeff Goldblum, Adrien Brody, Mathieu Amalric), pencurian  lukisan berharga, ancaman perang, ketidakadilan/injustice (Edward Norton), pembunuhan (Willem Dafoe), persahabatan (Harvey Keitel, Bill Murray), kesetiakawanan (Tony Revolori, Zero muda), dan tentu saja cinta (Saoirse Ronan). Dan semua ini terjalin dengan sangat rapi menjadi satu kesatuan yang padat, singkat, koheren, dan enak untuk ditonton.

Dari segi pembuatan, The Grand Budapest Hotel adalah total kebalikan dari Birdman. Kalau dalam Birdman setting dibiarkan bebas mendikte kamera, dalam film ini setting 100% berada di bawah kontrol kamera. Wes Anderson -- Rushmore (1998), The Royal Tenenbaums (2001), Fantastic Mr. Fox (2009), Moonrise Kingdom (2012) -- tidak sungkan-2 menunjukkan bahwa film ini adalah 100% dongeng. Desain produksinya dengan gamblang menampilkan nuansa dongeng tersebut: hotel yang warna dan pernik-2nya mirip seperti dekorasi kue tart :-) , lokasinya mirip seperti dalam imajinasi anak kecil -- persis di depan gunung yang menjulang tinggi, dengan patung rusa di sebelah kiri dan air terjun di sebelah kanan. Desain kostum, makeup, dan hairstyling-nya juga menekankan nuansa dongeng tersebut: kostum-2 yang desainnya mirip seperti kostum boneka, warna-2 yang menyala, high-contrast, high-saturation, kumis-2 yang bentuknya mirip seperti kumis karakter komik :-)

Menonton film ini bagaikan menikmati dessert atau pencuci mulut yang lezat garapan koki yang berpengalaman -- tidak terlalu manis, tidak terlalu mengenyangkan, tetapi pas.

If you like Wes Anderson, this is Wes Anderson at his best!


Nominasi Oscar 2015:
  • Film Terbaik
  • Sutradara Terbaik (Wes Anderson)
  • Script Original Terbaik (Wes Anderson)
  • Sinematografi Terbaik (Robert Yeoman)
  • Musik Terbaik (Alexandre Desplat)
  • Editing Terbaik
  • Desain Produksi Terbaik
  • Desain Kostum Terbaik
  • Makeup dan Hairstyling Terbaik



The Grand Budapest Hotel dapat anda temukan di eBay.com

No comments: