Sunday 14 October 2018

Catatan Perjalanan: Cinque Terre (dari La Spezia), Italy

#IITItalianRiviera
#IITCinqueTerre

Sharing catatan perjalanan

Destination: Cinque Terre, musim semi bulan Mei 2018
Duration: 2 malam (hari ke-1: ½ hari habis untuk perjalanan dari Cannes ke La Spezia, hari ke-2: capek tapi puas)

Dari French Riviera saya melanjutkan perjalanan balik ke arah timur ke Italian Riviera.

Italian Riviera pada dasarnya adalah kota-2 di sepanjang pantai Mediterania, di region Liguaria, mulai dari Ventimiglia di ujung barat, di perbatasan dengan Perancis, sampai ke Portovenere di ujung timur Liguaria, sebelum memasuki region Tuscany. Di antara dua kota ini, yang populer dikunjungi turis adalah (dari barat ke timur):
Sanremo
Terkenal dengan festival musiknya, yang diadakan setiap tahun di awal bulan Februari. Selain menjadi inspirasi terbentuknya Eurovision Song Contest, festival musik ini sering menjadi ajang debut lagu-2 baru -- salah satunya yang sekarang menjadi klasik adalah “Volare”, penyanyi-2 baru Italy -- misalnya, Andrea Bocelli, dan penyanyi-2 USA/non-Eropa yang ingin menembus pasar Eropa. Jika anda penggemar serius musik, Sanremo Music Festival patut masuk dalam bucket list.
Genoa
Ibukota region Liguaria.
Portofino
Kalo di French Riviera ada Saint-Tropez, tempat libur para selebriti dan tempat mangkal yacht (kapal layar/motor), di Italian Riviera ada Portofino, yang juga tempat libur para selebriti dan tempat mangkal yacht.
Cinque Terre (Five Lands) yang terdiri dari 5 desa kecil (dari utara ke selatan), yaitu: Monterosso, Vernazza, Corniglia, Manarola dan Riomaggiore.
Terkenal dengan keindahan alamnya, yaitu perpaduan antara langit dan laut Mediterania yang biru, landscape pantai yang terjal dan berbukit-2 dan perumahan penduduk yang warna-warni. Kalo anda penggemar nature/alam, UNESCO World Heritage Site ini is A MUST! -- sebaiknya menjadi tujuan utama ya, bukan cuma sisipan.

Karena alasan waktu dan logistik (misalnya, Portofino, 1 jam perjalanan dari Genoa, tetapi dari stasiun KA terdekat ternyata masih membutuhkan transportasi tambahan untuk sampai ke Portofino), pada kesempatan ini saya loncati dulu 3 kota pertama di atas, saya langsung saja menuju Cinque Terre.

Cinque Terre

Kalo terpaksa melakukan daytrip, dari mana anda sebaiknya berangkat?
Dari Milan? Milan ke Monterosso, 3 jam sekali jalan. Kejauhan.
Genoa? Genoa ke Monterosso, 1 jam 20 menit. Doable, tapi mepet.
Pisa? Pisa ke Riomaggiore, 1 jam. Okay.
Florence? Florence ke  Riomaggiore, 2,5 jam. Kejauhan juga.
So, kalo terpaksa, daytrip ke Cinque Terre sebaiknya dilakukan dari Genoa (dari sisi utara) atau Pisa (dari sisi selatan). 

Tapi idealnya adalah menginap -- menginap di mana? 
Saat itu saya nginap di La Spezia. Dari sisi lokasi, sangat strategis, karena cuma 7 menit perjalanan KA ke Riomaggiore. Sayangnya, menyolok banget dengan Cinque Terre yang picturesque, La Spezia is worlds apart … kotanya boring, ndak ada atraksinya ☺ Rada nyesel nginap di kota ini. Kalo ada kesempatan ke sini lagi saya akan coba nginap di Cinque Terre, terbaik mungkin adalah Monterosso karena landscape-nya landai dan turisnya tidak terlalu padat.

Riomaggiore (nomor 2 paling picturesque): Sangat berbukit, payah kalo mesti bawa-2 koper.
Manarola (nomor 1 paling picturesque): Naik-turun juga, turisnya paling banyak, paling rame, harga akomodasinya paling mahal.
Corniglia: Killer!! Dari stasiun KA terdekat, mesti jalan kira-2 ½ km untuk mencapai “Lardarina” (tangga), terus manjat 382 anak tangga untuk mencapai desanya di ujung bukit. Ndak bawa koper saja ngos-2an; bawa koper?? … hahaha … forget it! ☺
Vernazza: Mirip seperti Manarola, turisnya padat dan rame.
Monterosso: Landscape-nya lumayan landai, turisnya ndak terlalu padat sehingga ndak terlalu rame … not bad untuk bawa-2 koper dan nginap.

Cinque Terre Card

Beli Cinque Terre Card yang sudah termasuk tiket KA regional (unlimited, boleh bolak-balik sepuasnya antara Levanto - Cinque Terre - La Spezia). Kartu dapat dibeli di stasiun La Spezia atau di setiap stasiun di Cinque Terre. Pilihannya: 1 Day atau 2 Day. Kalo anda cuma ingin sightseeing di 5 kota tersebut, pilih 1 Day (16 Euro). Kalo ingin trekking, sebaiknya pilih 2 Day (23 Euro). Hari pertama: ½ trekking mencakup Riomaggiore, Manarola dan Corniglia. Hari kedua: ½ trekking yang lain mencakup Corniglia, Vernazza dan Monterosso. Selain fasilitas KA regional, dengan Cinque Terre Card anda bisa gratis memasuki jalur-2 trekking yang ada, naik bis dan connect ke Wifi di taman-2 nasional di sekitarnya.

Setelah Lake Como, Cinque Terre juga worth revisiting.
Kalo ada kesempatan, pingin ke sini lagi -- next time, better prepared, better executed.

Semoga bermanfaat untuk para paduka/wati yang berencana berkunjung ke sini.

No comments: