Sunday 3 February 2019

Catatan Perjalanan: Pompeii, Italy

Sharing catatan perjalanan

Destination: Naples, musim semi bulan Mei 2018
Duration: 4 malam (hari ke-1: ½ hari habis untuk perjalanan dari Venice ke Naples, hari ke-2, 3 dan 4: padat dan capek)

Naples, terletak ± 200km di selatan Rome, adalah base yang paling cocok untuk  melakukan daytrip ke Pompeii, Amalfi Coast dan Capri. Kecuali kalo anda ingin bermalam di salah satu kota di pantai Amalfi atau di pulau Capri, Naples adalah base untuk daytrip ke 3 tujuan wisata tersebut.

Perjalanan dengan kereta api cepat (pilih yang direct/ndak perlu ganti kereta) dari Venezia Mestre ke Napoli Centrale menempuh jarak ± 700km dalam waktu sekitar 6 jam. Berangkat dari Venice sekitar pukul 9 pagi, kereta tiba di Naples sekitar pukul 3 sore -- menurut tiketnya waktu tempuhnya sekitar 5 jam, tetapi kenyataannya selama perjalanan terlambat 5-10 menit di hampir semua stasiun, termasuk di Venice sendiri, akhirnya tiba di Naples tidak bisa tepat waktu. Sore hari itu langit mendung dan udara tercium akan hujan. Hotel tempat saya menginap terletak di seberang Napoli Centrale, yaitu di Piazza Garibaldi. Lokasi ini sangat strategis karena selain dekat dengan Napoli Centrale dan mudah cari makan di sini juga dekat dengan Napoli Garibaldi -- yaitu stasiun subway/underground kota Naples dan stasiun Circumvesuviana yang melayani jalur ke selatan, a.l. ke Pompeii dan Sorrento (untuk ke pantai Amalfi).

Bagian ke-1: Daytrip ke Pompeii (1 hari, capek dan puas)

Pompeii terletak ± 25km di selatan Naples.

Cara termudah pergi ke daerah arkeologi Pompeii (Scavi di Pompeii) adalah dengan KA Circumvesuviana dari Napoli Garibaldi, tujuan Poggiomarino, turun di Torre Annunziata, Pompeii. Harga tiketnya murah, cuma 2,80 Euro, one way/orang. Tiket masuk ke Scavi di Pompeii dapat dibeli secara online. Selain tiket masuk ke Scavi, ada pilihan paket tiket ke 3 tempat sekaligus, yaitu: Scavi, Oplontis (monumen) dan Boscoreale (museum). Kalo anda cuma punya waktu 1 hari, pilih tiket masuk ke Scavi saja -- karena menjelajahi Scavi membutuhkan waktu 1 hari juga. Jangan lupa mendownload/membawa peta Scavi karena daerah arkeologi ini sangat luas -- supaya anda gampang navigasinya dan ndak kesasar. Selain itu, daripada bingung cari makan ketika berada di dalamnya, anda sebaiknya membawa makan dan minum sendiri -- ada public toilet dan tempat-2 untuk istirahat.

Saat itu gara-2 review yang buruk tentang KA Circumvesuviana (katanya menjadi sarang copet), saya memutuskan menggunakan shuttle bus Napoli - Pompeii (pp) dari CitySightseeing (bis warna merah) yang sudah menyertakan tiket ekspres (skip the queue) masuk ke Scavi -- harga totalnya 15 Euro lebih mahal daripada kalo berangkat sendiri naik KA. Pengalaman hari berikutnya ternyata menunjukkan bahwa kekhawatiran terhadap KA Circumvesuviana tersebut rada berlebihan … nyesel dech ☹

Berlanjut ke bagian ke-2: Daytrip ke Amalfi Coast.

Semoga bermanfaat untuk para paduka/wati yang berencana berkunjung ke sini.

No comments: