Friday 15 July 2011

The Reader

Resensi Film: The Reader (***/4)

Tahun Keluar: 2008
Negara Asal: USA, Germany
Sutradara: Stephen Daldry
Cast: Kate Winslet, David Kross, Ralph Fiennes, Bruno Ganz

Plot: Sedasawarsa setelah percintaannya dengan seorang wanita yang jauh lebih tua dari dirinya berakhir secara misterius, Michael Berg bertemu kembali dengan wanita tersebut ketika dia sedang diadili di pengadilan untuk kejahatan perang (IMDb).

Berdasarkan novel dengan judul yang sama terbitan tahun 1995 karya penulis Jerman Bernhard Schlink, The Reader mengadung banyak pertanyaan etis yang tidak terjawab bahkan sampai film berakhir. Percintaan antara Michael Berg yang saat itu masih di bawah umur (15 tahun) dan Hanna Schmitz yang berusia 35 tahun dapat dikategorikan sebagai child abuse atau bahkan child pornography. Tetapi misteri paling besar terletak pada karakter Hanna Schmitz, yang illiterate (tidak bisa membaca dan menulis), tetapi menyukai karya-2 sastra dunia yang paling masyhur (yang dibacakan kepadanya). Misteri pada karakter Hanna Schmitz ini adalah paradoks yang analog dengan sejarah gelap bangsa Jerman pada masa itu. Bagaimana mungkin seorang yang menyukai karya-2 sastra dunia yang paling masyhur dapat terjebak dalam kejahatan kemanusiaan yang paling mengerikan? Pertanyaan etis yang sama dapat diajukan: Bagaimana mungkin bangsa Jerman yang menciptakan karya-2 seni dunia yang paling masyhur dapat terjebak dalam kejahatan kemanusiaan yang paling mengerikan? Pertanyaan tersebut tidak terjawab, bahkan sampai film berakhir.

Kate Winslet memerankan Hanna Schmitz dengan kontrol emosi yang sangat baik (dia memenangkan Oscar untuk Aktres Terbaik). David Kross memerankan Michael Berg muda dengan kemurnian seorang remaja yang sangat pas. Sayang sekali, Ralph Fiennes memainkan perannya sebagai Michael Berg dewasa dengan akting yang monoton seperti orang yang patah hati selamanya.

Cerita (***1/2)
Screenplay (***)
Karakter (***)
Akting (***)

Keseluruhan: ***/4

The Reader dapat anda temukan di eBay.com

No comments: