Thursday 26 May 2011

Doctor Zhivago

Resensi Film: Doctor Zhivago (****/4)

Tahun Keluar: 1965
Negara Asal: USA, Italy
Sutradara: David Lean
Cast: Omar Sharif, Julie Christie, Geraldine Chaplin, Rod Steiger, Alec Guinness, Tom Courtenay

Plot: Terbelah cintanya antara istrinya dan wanita yang menjadi inspirasi dalam dirinya, dokter/penulis puisi Yuri Zhivago harus melalui kecamuk lahir dan batin sementara Revolusi Bolshevik menyapu bersih seluruh Rusia (IMDb).

Diambil dari novel dengan judul yang sama karya Boris Pasternak, adaptasi dalam film ini menitikberatkan pada aspek romans dari cerita yang ada. Doctor Zhivago meraih ketenaran di seluruh dunia dengan sangat cepat, tetapi baru diputar di negara asal ceritanya, Rusia, setelah Uni Soviet jatuh. Untuk sebagian besar anggota cast dan crew, film ini adalah film yang meluncurkan karier mereka: Omar Sharif sebagai Dr. Zhivago yang berhati halus, Julie Christie sebagai Lara yang cantik dan enigmatic (tidak mudah dipahami), Geraldine Chaplin sebagai Tonya yang berhati hangat, Rod Steiger sebagai
Komarovsky yang korup dan jahat, Tom Courtenay sebagai Pasha yang membara dan revolusioner, Maurice Jarre dengan musik balalaikanya yang menghantui seluruh film dari awal sampai akhir, dekorasi seni dan set yang memukau, desain kostum yang memikat, setting lokasi yang indah dan cinematography yang spektakuler. Sutradara David Lean, dengan semua elemen tersebut dan perspektifnya yang penuh simpati, mencampur seluruhnya menjadi karya seni yang betul-2 indah ... karya seni yang betul-2 puitis! Inilah kehebatan arahan David Lean -- seluruh film dari awal sampai akhir.

Ada banyak scene yang mengesankan yang melekat dalam ingatan, misalnya: scene pertempuran, scene pengungsian massal, scene baris-berbaris melalui daerah-2 kosong yang dilanda badai salju, scene Dr. Zhivago dan keluarganya naik kereta api melalui pegunungan Ural, dan tentu saja ... scene Dr. Zhivago dan Lara naik kereta salju, dan scene puri terbengkalai di Varykino yang diselimuti salju. Penulis belum pernah berkunjung ke Rusia dan hanya menonton dari dalam ruangan yang hangat, tetapi anehnya bisa merasakan dinginnya sampai ke tulang ... tidak ada film yang menggambarkan detil musim dingin seakurat film ini.

Dan karakter yang paling mengesankan yang melekat dalam ingatan tentu saja adalah ... Lara! Lara adalah salah satu dari karakter-2 film yang paling mengesankan. Dia cantik dan enigmatic (tidak mudah dipahami); nampak lemah dari luar, tetapi sesungguhnya memiliki kekuatan di dalam. Betul-2 tersihir oleh kecantikannya yang misterius, penulis bisa memaafkan Dr. Zhivago yang berselingkuh dengan dirinya.

Doctor Zhivago menerima 10 nominasi Oscar dan memenangkan 5 kategori, yaitu: Best Writing, Best Original Music, Best Cinematography, Best Art and Set Decoration, dan Best Costume Design. Sayang sekali film ini dikeluarkan pada tahun yang sama dengan The Sound of Music, akibatnya mereka harus berkompetisi dalam Academy Awards pada tahun 1966. Walaupun tidak memenangkan Best Picture, Doctor Zhivago adalah film yang dibuat dengan sempurna dan inilah yang membuat film ini menjadi klasik (tidak pernah kuno karena perubahan jaman).

Cerita (****)
Screenplay (****)
Karakter (****)
Akting (***1/2)
 
Keseluruhan: ****/4

Doctor Zhivago dapat anda temukan di eBay.com

No comments: