Tuesday 22 March 2011

Modern Times

Resensi Film: Modern Times (bisu) (****/4)

Tahun Keluar: 1936
Negara Asal: USA
Sutradara: Charlie Chaplin
Cast: Charlie Chaplin, Paulette Goddard

Plot: Charlie Chaplin berjuang untuk hidup di dalam masyarakat industrial modern dengan bantuan seorang wanita miskin (IMDb).

Modern Times adalah film bisu terakhir dari Charlie Chaplin -- catatan: walaupun bisu, Chaplin menggunakan efek-2 suara, bunyi dan musik di seluruh film. Film satire tentang jaman industri ini menampilkan potret masyarakat industrial modern, dengan segala pro dan kontra-nya, dengan sangat tepat. Walaupun dibuat 75 tahun yang lalu, topik industrialisasi tetap up-to-date sampai masa kini -- membuat film ini tidak terasa ketinggalan jaman. Ditambah dengan kualitas digitally-remastered DVD yang jernih dan jelas, kualitas gambar dan suara dari film ini betul-2 sangat baik. Script yang ada memberi kesempatan yang luas pada Chaplin untuk jungkir-balik melakukan rutin komedinya, misalnya: sebagai pekerja pabrik di ban berjalan, sebagai target percobaan untuk mesin pemberi makan, sebagai pasien di rumah sakit jiwa dan sebagai tertuduh anggota partai komunis. Script juga menyediakan gambaran yang detil tentang masyarakat
industrial modern dengan segala pro dan kontra-nya. Selain memproduksi, menyutradarai, menulis dan membintangi film ini, Chaplin juga menciptakan lagu temanya yang berjudul "Smile" -- dinyanyikan di akhir film dengan scene Chaplin dan wanita miskin tersebut berjalan berduaan menuju masa depan yang tidak menentu. Modern Times adalah film satire yang lucu, tetapi serius ... all in all, betul-2 jenius.

Cerita (****)
Screenplay (****)
Karakter (****)
Akting (****)

 
Keseluruhan: ****/4


Modern Times dapat anda temukan di eBay.com

No comments: