Monday 25 November 2013

Blue Jasmine

2014 Oscar Watch

Blue Jasmine (8.0/10)


Sutradara: Woody Allen
Script: Woody Allen
Cast: Cate Blanchett, Alec Baldwin, Bobby Cannavale, Andrew Dice Clay, Sally Hawkins, Peter Sarsgaard

Blue Jasmine = A Streetcar Named Desire versi Woody Allen.

Walaupun berasal dari kelas bawah, Jasmine (Cate Blanchett), selalu berupaya menempatkan dirinya di kalangan atas. Perkawinannya dengan pebisnis kaya, Hal (Alec Baldwin), membuat dirinya terbiasa dengan gaya hidup “champagne & caviar”. One thing led to another, tragedi kehidupan menyambar ... Hal akhirnya ditangkap dan dijebloskan ke penjara, meninggalkan dirinya jatuh miskin! Bersetting pasca GFC (Global Financial Crisis) dan Bernie Madoff -- stockbroker Wallstreet yang ternama yang ternyata seorang penipu, heroine ciptaan Woody Allen kali ini harus berjuang menghadapi kenyataan pahit tersebut. Antara cita-2, upaya, dan ... delusion, Jasmine berusaha mempertahankan kehidupan sebelumnya yang sudah hancur tersebut sementara dia mondok gratis di rumah adiknya yang miskin -- dan sekaligus bersikap merendahkan terhadapnya :-)

Dengan peran psychotic seperti ini, Blanchett mempunyai kesempatan luas menampilkan berbagai “wajah”, baik fisik maupun mental, tetapi tetap mengundang simpati penonton. Dengan formula seperti ini, Allen sudah berkali-2 membawa aktresnya memenangkan Oscar untuk Aktres Terbaik -- so, watch out for Blanchett's top-notch performance! (sama sekali tidak kalah dengan Vivien Leigh dalam A Streetcar Named Desire). Walaupun berinspirasi dari film/novel tersebut, script dari Allen menampilkan originalitas dari segi setting, plot, dan dialog.

Dengan arahan, script, dan casting yang sangat baik, Blue Jasmine dengan mudah melanjutkan kesuksesan Allen setelah Midnight in Paris (2011).

Dengan jumlah nominasi Film Terbaik yang mencapai 9-10 film, Blue Jasmine besar kemungkinan akan meramaikan nominasi Film Terbaik. Woody Allen, untuk arahannya, dapat membuat kejutan masuk nominasi Sutradara Terbaik; tetapi untuk scriptnya, besar kemungkinan akan menerima nominasi Script Original Terbaik. Cate Blanchett dijagokan meramaikan nominasi Aktres Terbaik -- mempertimbangkan calon-2 nominee yang lain, Blanchett bahkan dijagokan memenangkan kategori ini. Anggota cast yang lain: Alec Baldwin, Bobby Cannavale, Andrew Dice Clay dapat membuat kejutan masuk nominasi Aktor Pendukung Terbaik; dan Sally Hawkins, Aktres Pendukung Terbaik. Last but not least, kostum-2 stylish/elegant yang dikenakan Blanchett, ciptaan costume designer Suzy Benzinger, dapat meramaikan nominasi Desain Kostum Terbaik.

Prediksi Nominasi Oscar 2014:
  • Film Terbaik
  • Script Original Terbaik (Woody Allen)
  • Aktres Terbaik (Cate Blanchett)
  • Desain Kostum Terbaik (Suzy Benzinger)

Blue Jasmine dapat anda temukan di eBay.com

No comments: