Saturday 16 November 2013

Gravity

2014 Oscar Watch

Gravity (8.0/10)



Sutradara: Alfonso Cuarón
Script: Alfonso Cuarón, Jonás Cuarón
Cast: Sandra Bullock, George Clooney, Ed Harris

Meskipun merupakan “crowd pleaser”, Gravity mempunyai kualitas lebih sehingga berhasil juga menyenangkan para film critic. Kualitas apa saja yang ada dalam film ini? Pertama-2, pengarahan yang cemerlang: penempatan kamera yang terasa melayang, mengikuti gerak para astronot yang melayang, menampilkan efek non-gravitasi yang sangat baik; sebaliknya, ketika plotnya mendekati gravitasi bumi, penempatan kamera dari sudut rendah menampilkan efek gravitasi yang mulai terasa -- sutradara menunjukkan efek gravitasi sepenuhnya dalam scene penutup yang berkesan. Kedua, script yang rapi dan ketat, -- tetapi karena plotnya memang sederhana, besar kemungkinan tidak akan masuk nominasi.

Kejutan ketiga, Gravity adalah film science -- bukan science fiction, tetapi science. Bukan karena science fiction kalah bagus dibandingkan science, tetapi karena sudah lama (jarang-2) kita mempunyai film science. Walaupun bertopik science, film ini mempunyai daya tarik baik untuk penonton yang memahami science (menarik menyaksikan Hukum Newton “in action” :-)), maupun penonton yang awam. Pada abad ke 17 yang silam, ilmuwan Sir Isaac Newton berdalih: Tanpa gravitasi, obyek akan diam terus atau bergerak terus dengan kecepatan yang konstan, kecuali kalau terkena gaya eksternal. Letnan Matt Kowalski (George Clooney) dapat bergerak ke sana ke mari karena dia mempunyai jetpack di punggungnya. Sedang medical engineer, Dr. Ryan Stone (Sandra Bullock), terpelanting gara-2 tertabrak sampah antariksa, dan dirinya meluncur terus, terus, dan terus ..., dan hanya berhenti ketika Kowalski dengan jetpack-nya berhasil menangkapnya. Tetapi ketika semua bahan bakar akhirnya habis, keduanya mesti bergantung (untuk Kowalski, “menyerah”) ke Hukum Newton lagi. Satu-2nya gaya eksternal yang ada adalah gravitasi! Bagaimana Dr. Ryan Stone menggunakan gravitasi untuk membawa pulang dirinya ke planet bumi? Saking tegangnya, kita lupa bahwa kita melihat hanya satu aktor saja di separuh film ini (sedemikian kuatnya kharisma Bullock).

Dengan jumlah nominasi Film Terbaik yang mencapai 9-10 film, Gravity besar kemungkinan akan meramaikan nominasi Film Terbaik. Demikian juga dengan nominasi Sutradara Terbaik (anggota Academy Awards menyukai first-timer) dan nominasi Aktres Terbaik (ever increasing popularity of Sandra Bullock :-)). Tetapi pada saat voting betulan, Gravity besar kemungkinan tidak akan memenangkan tiga kategori utama tersebut, tetapi lebih besar kemungkinan memenangkan kategori-2 technical.

Bravo Gravity, bravo gravitasi, bravo Newton ...

Kapan lagi menyaksikan Hukum Newton “in action” dengan aktres secakep Sandra Bullock sebagai heroine?! :-)


Prediksi Nominasi Oscar 2014:
  • Film Terbaik
  • Sutradara Terbaik (Alfonso Cuarón)
  • Aktres Terbaik (Sandra Bullock)
  • Desain Produksi Terbaik
  • Kategori-2 technical yang lainnya (menyusul).




 Gravity dapat anda temukan di eBay.com

No comments: