Thursday 19 December 2013

American Hustle

2014 Oscar Watch

American Hustle (8.0/10)



Sutradara: David O. Russell
Script: Eric Warren Singer, David O. Russell
Cast: Christian Bale, Bradley Cooper, Amy Adams, Jeremy Renner, Jennifer Lawrence, Robert De Niro

Setelah menghasilkan The Figther (2010) yang mengantar Christian Bale ke Oscar pertamanya dan Amy Adams ke nominasi Oscar (sayang sekali Adams harus bersaing dengan sesama anggota cast, Melissa Leo, yang akhirnya memenangkan Oscar) dan Silver Linings Playbook (2012) yang mengantar Jennifer Lawrence ke Oscar pertamanya dan Bradley Cooper dan Robert De Niro ke nominasi Oscar, sutradara David O. Russell tahun 2013 ini menggabungkan mereka semua dalam drama kriminal yang konon berdasarkan kisah nyata, yang dikemas dalam black comedy dan bersetting pada era 1970-an. Karena black comedy, Russell yang juga ikut menulis script-nya, mempunyai kebebasan menciptakan karakter-2 yang “over the top”, berlebihan, atau dengan kata lain: karikaturis. Dan tidak hanya dalam karakterisasi saja Russell “having fun” (baca, “merayakan”) black comedy ini, tetapi juga dalam fashion dan design dari era tersebut: celana komprang; kacamata separoh gelap selebar separoh wajah :-); gaya rambut blow-dry, afro, atau Farrah Fawcett; gaun wanita yang berusaha menampilkan bagian-2 tubuh wanita yang di era-2 sebelumnya belum pernah ditampilkan; dan design eksterior/interior yang showy/berani, tetapi tacky alias tasteless. Ugly, but Russell presented it beautifully!

Seorang penipu veteran, Irving Rosenfeld (Christian Bale), jatuh cinta dan bergabung dengan seorang penipu “wannabe”, Sydney Prosser (Amy Adams), walaupun dia sudah mempunyai istri, Rosalyn (Jennifer Lawrence). Sejak bekerja sama dengan Sydney, yang menyamar sebagai aristokrat Inggris dengan koneksi di dunia perbankan, mereka berdua berhasil menipu banyak client dari kalangan atas ... sampai suatu saat mereka jatuh dalam jebakan yang dipasang oleh agen FBI yang ambisius, Richie DiMaso (Bradley Cooper). Terancam hukuman penjara yang berat, mereka akhirnya menerima tawaran (baca, paksaan) DiMaso untuk bekerja untuk FBI -- dengan imbalan hukuman yang lebih ringan -- untuk menangkap Walikota Camden, Carmine Polito (Jeremy Renner), yang korup yang mempunyai koneksi dengan mafia setempat, Victor Tellegio (Robert De Niro). Sementara bekerja di bawah paksaan dan pengawasan FBI, Irving dan Sydney menggodok rencana sendiri untuk melindungi kepentingan mereka sendiri. Tidak memahami seluk-beluk rencana suaminya, Rosalyn yang besar mulut dan sekaligus cemburu setiap saat siap menghancurkan baik rencana FBI maupun rencana suaminya tersebut.

Dalam film ini masing-2 cast berhasil menampilkan sisi lain dari akting mereka yang belum pernah disaksikan oleh penonton. Christian Bale, yang kurus kering dalam The Machinist (2004), fit dan berotot dalam film-2 Batman-nya, kali ini tampil gendut dan botak :-) Moga-2 perut gendut tersebut bukan 100% miliknya sendiri -- moga-2 ditambahi oleh Divisi Makeup. Juga kepalanya yang botak, moga-2 bukan 100% kepalanya sendiri :-) Bale adalah aktor yang tidak hanya akting dengan wajahnya saja, tetapi juga dengan seluruh tubuhnya. Amy Adams, yang biasanya tampil sebagai pendukung dan memainkan peran “good girl”, dalam film ini memperoleh centre stage dan tampil memukau memainkan peran femme-fatale dengan akting yang menampilkan berbagai wajah dan emosi. Hal ini semakin diperkuat dengan penempatan camera yang mengambil sudut-2 close-up, yang menampilkan kerut dalam wajahnya dan merekam segala reaksi dalam wajahnya -- bahkan yang paling minimal sekalipun. Amy Adams bisa menjadi ancaman berat untuk Cate Blanchett (Blue Jasmine) dalam Oscar 2014 nanti. Bradley Cooper tampil semakin matang -- dia mulai melepaskan diri dari peran-2 stereotype untuk aktor ganteng. Jennifer Lawrence, walaupun usianya masih 23 tahun, ternyata mempunyai kemampuan seperti Meryl Streep! Peran apa saja bisa: drama, romantic comedy, action, dan sekarang black comedy. Usia juga tidak menjadi batasan: peran lebih muda dari usianya bisa, seperti dalam fim-2 The Hunger Games; peran seusianya tentu saja bisa, seperti dalam Silver Linings Playbook; dan sekarang peran lebih tua dari usainya ternyata juga bisa. Hebat! Secara keseluruhan, berkat script yang rapi dan tajam, ensemble cast dalam film ini betul-2 padu. Last, but not least, film ini dihiasi dengan soundtrack yang menarik -- lagu-2 top 1970-an -- a.l. dari Elton John (Goodbye Yellow Brick Road), Paul McCartney's Wings (Live and Let Die), The Bee Gees (How Can You Mend a Broken Heart), dan Tom Jones (Delilah).

Dengan jumlah nominasi Film Terbaik yang mencapai 9-10 film, American Hustle besar kemungkinan akan meramaikan nominasi Film Terbaik. Untuk nominasi Sutradara Terbaik, David O. Russell harus bersaing ketat dengan Ethan Coen & Joel Coen (Inside Llewyn Davis) dan Martin Scorsese (The Wolf of Wall Street). Untuk nominasi Aktor Terbaik, Christian Bale mempunyai kesempatan luas untuk memasukinya. Untuk nominasi Aktres Terbaik, Amy Adams harus bersaing ketat dengan Judi Dench (Philomena), Meryl Streep (August: Osage County), dan Emma Thompson (Saving Mr. Banks) -- karena masing-2 sudah pernah memenangkan Oscar, penulis tidak keberatan salah satu di antaranya diloncati untuk memberi kesempatan pada Adams :-) Bradley Cooper dan Jennifer Lawrence masing-2 nampaknya dengan mudah memasuki nominasi Aktor Pendukung Terbaik dan Aktres Pendukung terbaik. Last but not least, kostum-2 era 1970-an yang ugly dan berani -- terutama yang dikenakan Adams, ciptaan costume designer Michael Wilkinson, dapat meramaikan nominasi Desain Kostum Terbaik.

Prediksi Nominasi Oscar 2014:

  • Film Terbaik
  • Script Original Terbaik (Eric Warren Singer, David O. Russell)
  • Aktor Pendukung Terbaik (Bradley Cooper)
  • Aktres Pendukung Terbaik (Jennifer Lawrence)
  • Desain Kostum Terbaik (Michael Wilkinson)




American Hustle dapat anda temukan di eBay.com

No comments: