Thursday 5 December 2013

Captain Phillips

2014 Oscar Watch

Captain Phillips (8.0/10)


Sutradara: Paul Greengrass
Script: Billy Ray
Cast: Tom Hanks, Barkhad Abdi, Barkhad Abdirahman, Faysal Ahmed, Mahat M. Ali

Berdasarkan kisah nyata pembajakan kapal cargo Maersk Alabama di lepas pantai Somalia pada tanggal 7 April 2009, Tom Hanks memainkan perannya sebagai Captain Richard Phillips dengan penuh simpati dan penghayatan, namun demikian casting yang brilliant/sangat tepat untuk keempat aktor pendukung: Barkhad Abdi, Barkhad Abdirahman, Faysal Ahmed, dan Mahat M. Ali, sama sekali tidak dapat diabaikan dalam memberi kontribusi sepenuhnya terhadap akting keseluruhan dalam film ini. Tom Hanks dengan mudah menarik perhatian penonton, tetapi keempat aktor pendukung tersebut betul-2 cocok untuk masing-2 perannya -- “a match made in heaven” :-)

Berangkat dari pelabuhan Salalah di Oman menuju Mombasa di Kenya, Captain Phillips menahkodai kapal cargo Maersk Alabama menyusuri teluk Aden di lepas pantai Somalia. Mengetahui daerah tersebut rawan terhadap pembajakan, Captain Phillips menginstruksikan awak kapalnya untuk siap-siaga -- dan ketika mereka sedang berlatih kesiap-siagaan, eeeh  ... betulan, ada dua perahu motor kecil dengan awak bersenjata AK-47 meluncur dengan cepat menuju kapalnya. Tidak boleh membawa senjata apapun di dalam kapal (peraturan dari pemilik kapal), Captain Phillips dan awak kapalnya berusaha menjauhkan diri dengan mempercepat laju kapal, men-zigzag gerakannya, dan bahkan menyemburkan air untuk menyingkirkan mereka. Usaha tersebut sia-2, karena keempat pembajak tersebut walaupun prasarananya minim mereka ternyata betul-2 nekad! Mula-2 berhasil menguasai kapal cargo tersebut, tetapi kemudian melarikan diri dengan lifeboat (perahu penyelamat) sambil membawa Captain Phillips, keempat pembajak tersebut akhirnya berhadapan dengan US Navy destroyer USS Bainbridge yang sebelumnya menerima pesan SOS tentang pembajakan tersebut. Tidak lama kemudian, dua kapal US Navy yang lain ikut datang mengepung lifeboat tersebut. OMG! :-) Diselingi suspense anggota Navy SEAL melihat ke dalam kamera tembus pandang untuk mencari “clear shot”, script memberi pendalaman/sisi personal cerita pembajakan ini dengan meluangkan screen-time yang longgar untuk dialog antara Captain Phillips dan keempat pembajak tersebut.

Dengan jumlah nominasi Film Terbaik yang mencapai 9-10 film, Captain Phillips besar kemungkinan akan meramaikan nominasi Film Terbaik. Demikian juga dengan nominasi Sutradara Terbaik, Script Adaptasi Terbaik, dan Aktor Terbaik. Anggota cast pendukung Barkhad Abdi dapat membuat kejutan masuk nominasi Aktor Pendukung Terbaik (anggota Academy Awards menyukai first-timer). Keempat aktor pendukung dalam film ini adalah imigran asal Somalia yang sekarang menetap di AS; dalam kehidupan nyata mereka adalah empat sekawan dengan Barkhad Abdi seorang aktor, sutradara, dan produser, dan Faysal Ahmed seorang aktor teater/panggung.

Prediksi Nominasi Oscar 2014:
  • Film Terbaik
  • Sutradara Terbaik (Paul Greengrass)
  • Script Adaptasi Terbaik (Billy Ray)
  • Aktor Terbaik (Tom Hanks)

Captain Phillips dapat anda temukan di eBay.com

No comments: