Saturday 7 February 2015

American Sniper

OSCAR WATCH 2015

AMERICAN SNIPER (7.5/10)

Negara Asal: Amerika Serikat
Sutradara: Clint Eastwood
Script Adaptasi: Jason Hall
Cast: Bradley Cooper, Sienna Miller, Kyle Gallner
Sinematografi: Tom Stern


Satu hal yang perlu kita ketahui adalah Hollywood dari dulu mencintai Clint Eastwood dan sekarang Bradley Cooper juga. Oscar tahun ini adalah nominasi ke 5 untuk Eastwood sebagai sutradara -- sudah 2 kali memenangkannya, yaitu untuk Unforgiven (1992) dan Million Dollar Baby (2004); dan nominasi ke 3 untuk Cooper sebagai aktor -- belum pernah memenangkannya, tetapi dinominasi 3 tahun berturut-2!, yaitu untuk Silver Lining Playbook (2013), American Hustle (2014), dan film ini -- sebuah prestasi yang luar biasa untuk aktor yang sebelumnya ter-typecasted dalam film-2 romcom seperti The Hangover, All About Steve, atau Valentine's Day.

Berdasarkan kisah nyata, prajurit Navy SEALs, Chris Kyle (Bradley Cooper), yang tercatat sebagai sniper paling jitu dalam sejarah militer AS, film ini secara keseluruhan tidaklah buruk, tetapi juga tidak istimewa. Berada di tengah-2 film-2 kecil/independen yang masuk daftar nominasi Film Terbaik dalam Oscar tahun ini; berada di antara hero-2 dari kaum awam, artis, musisi, ilmuwan, dan aktivis sosial/penerima Nobel Perdamaian; film ini terasa misplaced, lost, atau kesasar. Berada di antara teknik-2 arahan yang inovatif yang disodorkan film-2 independen tersebut, dan cerita-2 yang dengan berani dan jujur menampilkan kemanusiaan tokoh-2nya, penulis bagaikan tersambar petir, menyadari betapa FORMULAIC-nya film ini. “Formula” blockbuster Hollywood terasa kental dalam film ini: action di sana-sini, hero yang heroik, cerita yang single-sided dan predictable, sub-plot cinta yang generik, tantangan/konflik yang sudah umum, dan percikan sentimentalisme di akhir cerita.


Clint Eastwood sesungguhnya bukan sutradara yang suka bereksperimen dengan teknik-2 arahan yang baru atau inovatif, sedang Bradley Cooper ... kalau aktingnya di sini dianggap istimewa (mungkin karena dia harus menambah berat badan untuk memainkan perannya -- memangnya seberapa sulit sich menambah berat badan??? :-) ), maka Harisson Ford, jagonya action/thriller, semestinya sudah menerima nominasi 2 kali lebih banyak daripada Cooper.

Tidak mengurangi respek terhadap prestasi Eastwood dan Cooper selama ini, moga-2 Academy tidak melakukan blunder dalam memutuskan siapa yang terbaik untuk kategori Film Terbaik, Aktor Terbaik, dan Script Adaptasi Terbaik.

Nominasi Oscar 2015:
  • Film Terbaik
  • Aktor Terbaik (Bradley Cooper)
  • Script Adaptasi Terbaik (Jason Hall)
  • Editing Terbaik
  • Sound Editing Terbaik
  • Sound Mixing Terbaik



American Sniper dapat anda temukan di eBay.com

No comments: