Thursday 15 November 2012

A View to a Kill

Resensi Film: A View to a Kill (7.0/10)


Tahun Keluar: 1985
Negara Asal: UK
Sutradara: John Glen
Cast: Roger Moore, Christopher Walken, Tanya Roberts, Grace Jones

Plot: James Bond mengusut pembajakan microchip militer dari Paris ke San Francisco, dan menemukan rencana Max Zorin untuk menghancurkan Silicon Valley untuk merebut monopoli pasar microchip dunia (IMDb).

Sama seperti Sean Connery dalam film Bond terakhirnya, Roger Moore mengakhiri kariernya sebagai James Bond dengan nada yang rendah.

Pertama-2, walaupun hanya terpaut dua tahun dari film Bond sebelumnya, Moore tampak jauh lebih tua dalam film ini -- make-up tidak mampu lagi menyembunyikan usia sesungguhnya, yaitu 57 tahun ketika film ini dibuat. Entah "eyebrow job" apa yang dilakukan terhadap alis Moore, alisnya kelihatan alarmingly bushy! :-) -- seperti semak belukar dengan cabang-2 yang tebal dan mencongat! :-) -- betul-2 menarik perhatian penonton (baca: mengganggu perhatian penonton). Moore yang biasanya senang memainkan/menaik-turunkan alisnya, dalam film ini dia tidak pernah menggerakkan alisnya, seakan-2 takut kalau alisnya copot :-) Beruntungnya, as the movie progresses, alisnya sedikit demi sedikit kembali seperti normal. Ada kemungkinan scene-2 awal tersebut justru di-shooting di akhir produksi. Secara keseluruhan, Moore juga nampak tidak fit fisiknya dan menurun ke-suave-annya. Ketika mengetahui bahwa ibunya Tanya Roberts lebih muda dari dirinya, Moore menjadi tidak comfortable -- dan ini sedikit banyak terwujud dalam layar. Pada tahun 2007, dalam sebuah wawancara, Moore bercanda dengan ringan, "I was only about four hundred years too old for the part." :-)

Selain Moore yang tampak tua dalam film ini, Lois Maxwell bahkan sudah kadaluarsa sejak beberapa film Bond sebelumnya :-) Usianya sudah gak pantes lagi memerankan Miss Moneypenny yang fungsinya menggoda dan mengharapkan Bond. Dear Lois Maxwell, 14 kali muncul sebagai Miss Moneypenny (!) ... kehadirannya, walaupun minor, dengan dialog-2 yang witty dan segar selalu ditunggu oleh penonton. Film ini adalah film terakhir Maxwell sebagai Miss Moneypenny.

Dari segi cerita, sesungguhnya tidak buruk, tetapi terasa tidak cocok dengan gaya Moore selama ini -- yang menekankan pada sisi hiburan dan humor. Dengan kata lain, ceritanya sesungguhnya cocok dengan jamannya, tetapi tidak cocok dengan gaya Moore. Dengan demikian, gaya Moore sudah tidak cocok lagi dengan jamannya. Christopher Walken tampil sadistis (madman/lunatic/maniac), seperti Joker-nya Batman, menciptakan atmosfir realisme yang mengejutkan, in a way ... mengerikan, untuk penonton yang sudah dibiasakan dengan Bond-nya Moore. Walken sama sekali tidak buruk, tetapi terasa mismatch dengan gaya Moore -- menunjukkan bahwa Moore sudah waktunya untuk diganti.

Satu kekurangan yang lain dalam film ini adalah Grace Jones. Jones mempunyai potensi besar menjadi henchwoman yang well-cast, seperti Lotte Lenya sebagai Rosa Klebb dalam From Russia with Love (1963) atau Ilse Steppat sebagai Irma Bunt dalam On Her Majesty's Secret Service (1969). Tetapi sayang sekali, karakternya berada di middle ground terus, sampai akhirnya runtuh/collapse menuju akhir film -- seperti Richard Kiel sebagai Jaws dalam Moonraker (1979).

Agak mengecewakan sebagai film perpisahan Moore, jika anda penggemar Bond, anda tidak akan keberatan menonton film terakhir Moore ini.

* 7.0/10




A View to a Kill dapat anda temukan di eBay.com 

No comments: