Friday 14 February 2014

20 Feet from Stardom

2014 Oscar Watch

20 Feet from Stardom


Sutradara: Morgan Neville
Produser: Gil Friesen, Caitrin Rogers

Untuk kategori-2 non-utama, kita tidak dapat selalu yakin siapa yang bakal keluar sebagai pemenang, karena anggota Academy Awards yang melakukan final voting sering kali terbatas atau eksklusif di kalangan tertentu saja -- tidak seperti untuk kategori-2 utama dimana anggota yang melakukan final voting cakupannya lebih luas. Untuk kategori Film Dokumenter Terbaik, penulis menilai tidak ada nominee lain yang bisa mengalahkan “kehebatan” The Act of Killing. Dari sisi pembuatan, selama ini belum pernah ada filmmaker yang berhasil membujuk pembunuh sedemikian rupa sehingga dia dengan sukarela menceritakan kembali semua perbuatannya; Joshua Oppenheimer tidak perlu melakukan rekonstruksi, karena para pelakunya sendiri yang melakukan rekonstruksi (walaupun mereka melakukannya di bawah “misunderstanding” yang disengaja oleh filmmaker). Dari sisi tema, tidak dapat disangkal betapa penting temanya. Dari sisi resiko, crew film ini sedikit banyak sudah mempertaruhkan nyawanya.

Berbeda dengan The Act of Killing yang dystopian, film dokumenter dengan judul yang menggelitik ini, 20 Feet from Stardom, yang menurut kabar terakhir memimpin nominasi Film Dokumenter Terbaik, adalah film yang dreamy. Bercerita tentang perjalanan hidup, karier, dan cita-2 dari para penyanyi pengiring (backup singers) dari para penyanyi terkenal mulai dari era 1960-an sampai saat ini: Ray Charles, Tom Jones, David Bowie, Mick Jagger, Sting, Elton John, Michael Jackson, Stevie Wonder, Bruce Springsteen, dlsb. Mereka yang suaranya memberi harmoni kepada suara penyanyi utama, yang selalu berdiri di bawah bayang-2 gelap, 20 kaki dari lampu sorot utama, dan penonton tidak pernah memperhatikan atau mengetahui siapa mereka ... :-)

Topik yang dekat dengan industri hiburan, dhi. Hollywood, dimana ada lebih banyak cita-2 yang gagal daripada yang sukses, ada lebih banyak “wannabe” yang patah hati daripada yang bahagia. Di dalam industri dimana “being the best” tidak menjamin kesuksesan (oh, this is so true!), film dokumenter ini adalah penghargaan untuk mereka yang telah memberikan bakat terbaiknya untuk mereka yang lain yang berada di puncak.

Nominasi Oscar 2014:
  • Film Dokumenter Terbaik


20 Feet from Stardom dapat anda temukan di eBay.com

No comments: