Wednesday 12 September 2012

The Artist

Resensi Film: The Artist (8.2/10)

Tahun Keluar: 2011
Negara Asal: France, Belgium, USA
Sutradara: Michel Hazanavicius
Cast: Jean Dujardin, Bérénice Bejo, John Goodman, James Cromwell, Uggie the Dog

Plot: Seorang bintang film bisu bertemu dengan seorang aktres pendatang baru, tetapi kedatangan teknologi suara dalam industri perfilman mengirim karier mereka ke arah yang berlawanan (IMDb).

Sebagai penggemar film klasik, tahun 2012 adalah tahun yang membahagiakan. Bagaimana tidak, anggota Academy of Motion Picture Arts and Sciences di Hollywood ternyata adalah penggemar film klasik! Yippee! :-) Walaupun tidak tahu siapa Michel Hazanavicius ini, penulis yakin -- seyakin-2nya, bahwa dia adalah penggemar film klasik! Melihat hasil karyanya, penulis dapat menebak dia adalah penggemar Sunset Boulevard (1950) karya Billy Wilder. Dia juga penggemar film-2 bisu superhero Douglas Fairbanks, misalnya The Mark of Zorro (1920), Robin Hood (1922), atau The Thief of Bagdad (1924); film-2 detektif/whodunit trio William Powell, Myrna Loy, dan Asta the Dog (!) dalam trilogi The Thin Man (1934, 1936, 1945); film-2 musical duo tap-dancer Fred Astaire dan Ginger Rogers, misalnya The Gay Divorcee (1934), Top Hat (1935), atau Shall We Dance (1937); dan film-2 musical generasi penerus Astaire, Gene Kelly, misalnya On the Town (1949), An American in Paris (1951), atau Singin' in the Rain (1952). Menyaksikan film ini, penulis merasakan betapa dalamnya kecintaan Hazanavicius terhadap film-2 klasik.

George Valentin (Jean Dujardin) adalah superstar film-2 bisu superhero dengan kharisma bagaikan Douglas Fairbanks*). In fact, nasibnya dalam film ini sama seperti nasib Fairbanks dalam kenyataan -- kariernya merosot drastis sejalan dengan kedatangan teknologi suara dalam industri perfilman. Tetapi di sini George Valentin juga memiliki kharisma seperti Fred Astaire dan Gene Kelly, dia bisa tap dancing (!) Dengan menutup setengah badan bagian atas dengan sebuah layar, Hazanavicius dengan sangat witty (pandai dan lucu) menangkap scene dia menirukan gerakan tap dancing Peppy Miller (Bérénice Bejo). Dan tidak hanya itu, George Valentin juga mempunyai teman setia, seekor anjing -- jack russell terrier, Uggie the Dog, dengan intelijensia dan pesona seperti Asta the Dog! Lagi-2 Hazanavicius dengan sangat witty menangkap scene Valentin, ketika dia duduk di depan meja makan, menirukan tingkah laku teman setianya itu. Ampun dech, lucuuu banget!

*) Douglas Fairbanks (1883 - 1939) adalah salah satu pendiri studio United Artists. Dia juga tercatat dalam sejarah Hollywood sebagai salah satu pendiri Academy of Motion Picture Arts and Sciences (AMPAS). In fact, dia adalah pembawa acara dalam perayaan Oscar pertama pada tahun 1929.

Merupapakan homage (pujian dan penghargaan) terhadap film klasik, khususnya era film bisu, Hazanavicius (juga merangkap sebagai penulis script) menyajikan cerita yang ada dengan kecintaan yang dalam dan sensitivitas yang tinggi. Dan ini tercermin dalam set decoration yang genuine/asli, costume design yang otentik, dan cinematography B/W yang lembut. Musical score dari Ludovic Bource juga mengingatkan penonton pada trio "godfathers of film music" -- Alfred Newman, Max Steiner, dan Dimitri Tiomkin. Selain dua scene yang telah disebutkan di atas, scene-2 paling berkesan untuk penulis adalah: 1) George Valentin termenung sendirian di dalam kamar riasnya dan panik ketika menemukan semua yang dia sentuh menghasilkan suara, tetapi dia sendiri tidak mampu menghasilkan suara. 2) George Valentin berdiri sedih di depan kaca etalase sebuah toko jas dan membayangkan dirinya mengenakan tuxedo yang dipajang di dalam etalase tersebut. 3) Uggie the Dog, dua kali menyelamatkan nyawa majikannya: pertama, ketika George Valentin hampir saja membakar habis rumahnya; kedua, ketika dia hampir saja mengakhiri hidupnya.

Memenangkan 5 Oscar untuk Film Terbaik, Sutradara Terbaik, Aktor Terbaik, Musik Terbaik, dan Kostum Terbaik, The Artist adalah film untuk anda yang mencintai film klasik dan siapa saja yang mempunyai empati terhadap mereka yang gamang terhadap perubahan.

* 8.2/10

The Artist dapat anda temukan di eBay.com

No comments: