Wednesday 8 January 2014

August: Osage County

2014 Oscar Watch

August: Osage County (7.5/10)


Sutradara: John Wells
Script: Tracy Letts
Cast: Meryl Streep, Julia Roberts, Ewan McGregor, Chris Cooper, Abigail Breslin, Benedict Cumberbatch, Juliette Lewis, Julianne Nicholson, Margo Martindale, Dermot Mulroney, Sam Shepard, Misty Upham

Jika konfrontasi berbahan bakar minuman keras, seperti Cat on a Hot Tin Roof (1958) atau Who's Afraid of Virginia Woolf? (1966) -- keduanya dibintangi oleh Elizabeth Taylor, adalah definisi “good time”/hiburan untuk anda, maka adaptasi dari teater dengan judul yang sama karya Tracy Letts ini (dia juga menggarap scriptnya) adalah cocok untuk anda -- dimana tuduhan diteriakkan, pintu dibanting, piring dipecah, dan ... ikan lele goreng dicampakkan :-)

Pasangan suami-istri Beverly (Sam Shepard) dan Violet Weston (Meryl Streep) adalah pasangan “ideal” (sarkasme) untuk rumah tangga yang paling dysfunctional/amburadul; Beverly adalah pecandu minuman keras, sedang Violet pecandu obat bius -- seperti yang diutarakan Bev kepada pembantu rumah tangga mereka yang pendiam tetapi bijaksana, Johnna (Misty Upham), “I drink. And my wife takes pills. That's the bargain we struck.” Tidak diceritakan siapa biang keladinya sehingga pasangan yang lain harus menghibur diri dengan meracuni dirinya. Juga tidak diceritakan bagaimana mereka bisa membesarkan ketiga anaknya: Barbara (Julia Roberts), Ivy (Julianne Nicholson), dan Karen (Juliette Lewis). Di penghujung hidupnya, Beverly akhirnya bunuh diri, meninggalkan Violet yang menderita kanker mulut*) sendirian -- *) metafora dari ucapan-2 tajam yang keluar dari mulutnya. Kematiannya memanggil pulang ketiga anaknya untuk memberi penghormatan terakhir untuknya, tetapi juga tak terelakkan membuka segala borok/luka lama di antara anggota keluarga Weston.

Sebelum ini Streep dan Roberts pernah bertemu mengisi suara untuk film animasi The Ant Bully (2006), sekarang mereka bertemu lagi dalam ... The Mama Bully :-) Interaksi antara mereka menempati centre-stage -- penggemar Streep dan Roberts tidak akan kecewa; walaupun Streep kali ini tampil “over the top”/berlebihan, sedang Roberts yang malahan lebih bagus. Anggota cast yang lain, masing-2 memperoleh kesempatan untuk bersinar, tetapi tidak selalu berhasil, terutama di antara anggota cast pria: Chris Cooper walaupun sudah berusaha keras, tetapi tidak berhasil mengimbangi energi yang meletup-2 antara Streep dan Roberts; Ewan McGregor tampil membosankan; Dermont Mulroney perannya terlalu stereotypical; dan Benedict Cumberbath jauh lebih cocok sebagai Smaug The Dragon dalam trilogi The Hobbit daripada sebagai pemuda yang tidak punya percaya diri. Margo Martindale berhasil menempatkan dirinya di antara Streep dan Roberts. Julianne Nicholson tampil low-key dan mengesankan. Juliette Lewis juga low-key dan meyakinkan. Sedang Abigail Breslin sama sekali gampang dilupakan. All in all, ensemble cast yang mengesankan, tetapi tidak seluruh bagiannya bekerja secara efektif.

Ironisnya, di antara scene-2 konfrontasi yang merupakan bagian utama dalam film ini, justru scene Roberts, Nicholson, dan Lewis bersikap rileks dan berbicara dari hati ke hati menjadi scene terbaik. Juga penampilan Upham yang hanya mengucapkan beberapa dialog saja sepanjang film menjadi momen yang berharga di antara rangkaian konfrontasi yang bertubi-2 tersebut.

Prediksi Nominasi Oscar 2014:
  • Aktres Terbaik (Meryl Streep)
  • Aktres Pendukung Terbaik (Julia Roberts)
  • Script Adaptasi Terbaik (Tracy Letts)


August: Osage County dapat anda temukan di eBay.com

No comments: