Tuesday 14 January 2014

Saving Mr. Banks

2014 Oscar Watch

Saving Mr. Banks (7.7/10)


Sutradara: John Lee Hancock
Script: Kelly Marcel, Sue Smith
Cast: Emma Thompson, Tom Hanks, Colin Farrell, Annie Rose Buckley, Paul Giamatti

Setelah 20 tahun berusaha mendapatkan ijin dari P.L. Travers (Emma Thompson) untuk memfilmkan buku cerita anak-2nya, “Mary Poppins”, pada tahun 1961 Walt Disney (Tom Hanks) akhirnya berkesempatan mewujudkan cita-2 tersebut ketika Travers terhimpit kesulitan keuangan  dan harus mempertimbangkan menjual film rights/hak memfilmkan tersebut ke Disney. Namun demikian, ini tidak berarti Travers dengan mudah menyerahkan film rights tersebut tanpa syarat -- syaratnya justru seabreg ... ! :-) Tidak seperti yang dibayangkan Disney tentang seorang penulis fantasi yang imajinatif, Travers ternyata adalah wanita yang kaku, kolot, dan anehnya tidak menyukai segala kreasi/karakter fantasi ciptaan studionya. Bagi Disney, Travers betul-2 sebuah conundrum -- teka-teki misterius yang tidak mudah dipecahkan. Tetapi scriptnya tidak menyembunyikan teka-teki tersebut dari penonton. Dengan gaya penuturan cerita bolak-balik antara masa kini dan flashback, scriptnya menampilkan kehidupan masa kecil Travers di pedalaman Maryborough, di negara bagian Queensland, Australia, dan bagaimana pengalaman masa kecil tersebut menginspirasi dirinya menulis Mary Poppins dan sekaligus membentuk kepribadiannya. Walaupun sudah berusaha menyenangkan Travers -- dalam segala hal yang mungkin, tim kreatif Disney menghadapi banyak hambatan mulai dari ejaan kata, pemilihan musicals, sampai penggunaan animasi, dan yang paling membuat Travers risau adalah penggambaran karakter Mr. Banks yang menurut dia tidak cocok dengan gambarannya. Siapa Mr. Banks ini sehingga membuat dia sangat khawatir? Disney mesti berbuat apa lagi agar Travers bersedia menyerahkan film rights tersebut pada dirinya?

Bagian cerita untuk masa kini, Thompson dan Hanks tampil mempesona dalam perannya masing-2. Bradley Whitford, Jason Schwartzman, dan B. J. Novak tampil meyakinkan sebagai tim kreatif Disney yang harus menderita dan berusaha dengan segala cara menaklukkan hati Travers. Paul Giamatti, dalam peran kecilnya sebagai sopir limo Travers, tampil selayaknya seperti Paul Giamatti :-) -- you know what I mean, I love Paul Giamatti, semestinya dia memperoleh screen time lebih banyak karena melalui dia penonton melihat sisi personal Travers. Sayangnya, bagian cerita untuk flashback, Colin Farrell sebagai ayah Travers tampil terlalu dominan, yang semestinya untuk Annie Rose Buckley yang memerankan Travers kecil. Penulis menemukan dua scene paling memorable dalam film ini: 1) Scene tim kreatif Disney akhirnya berhasil membuat Travers tersenyum dengan lagunya “Let's Go Fly a Kite”, 2) Monolog Hanks di depan Thompson sebagai usaha terakhirnya untuk memperoleh film rights tersebut.

Dengan jumlah nominasi Film Terbaik yang mencapai 9-10 film, Saving Mr. Banks besar kemungkinan akan meramaikan nominasi Film Terbaik. Emma Thompson dijagokan masuk nominasi Aktres Terbaik. Tom Hanks, walaupun memegang peran utama dalam film ini, agar tidak merusak nominasinya untuk Aktor Terbaik dalam film Captain Phillips, dia akan mengajukan nominasi untuk Aktor Pendukung Terbaik.  Last, but not least, Thomas Newman yang mengisi musik untuk film ini juga besar kemungkinan akan meramaikan nominasi Original Score Terbaik.

Melihat akhir film yang bittersweet, puas tetapi tidak sepenuhnya puas, untuk Travers, penulis mencium tanda-2 Disney akan me-remake Mary Poppins dengan versi yang lain, mungkin versinya Travers?! :-) Live action, NO musicals, NO animations ... :-) Mengapa tidak?!

Prediksi Nominasi Oscar 2014:
  • Film Terbaik
  • Aktres Terbaik (Emma Thompson)
  • Aktor Pendukung Terbaik (Tom Hanks)
  • Original Score Terbaik (Thomas Newman)


Saving Mr. Banks dapat anda temukan di eBay.com

No comments: