Wednesday 1 January 2014

The Hunt

2014 Oscar Watch

The Hunt (Jagten) (8.0/10)


Negara Asal: Denmark
Sutradara: Thomas Vinterberg
Script: Tobias Lindholm, Thomas Vinterberg
Cast: Mads Mikkelsen, Thomas Bo Larsen, Annika Wedderkopp

Di Hollywood Mads Mikkelsen sering ter-typecast sebagai villain -- gara-2 penampilannya yang cool sebagai Le Chiffre dalam Casino Royale (2006), dan sekarang lebih-2 lagi ... sebagai Hannibal Lecter dalam serial TV terbaru, “Hannibal”. Di negaranya, Mikkelsen adalah aktor serba bisa. Setelah penampilannya dalam costume/period drama A Royal Affair (2012) yang masuk nominasi Oscar untuk Film Berbahasa Asing Terbaik tahun lalu, Mikkelsen memperoleh kesempatan lagi tampil dalam film dengan tema yang lebih penting yang besar kemungkinan akan meramaikan nominasi Oscar lagi untuk Film Berbahasa Asing Terbaik tahun ini.

Tinggal di sebuah kota kecil dimana semua warganya saling mengenal satu sama lain, Lucas (Mikkelsen) baru saja kehilangan pekerjaannya sebagai guru -- gara-2 sekolahnya ditutup, dan sekarang bekerja sebagai pengasuh anak di sebuah fasilitas penitipan anak. Agak pendiam tetapi berhati baik dan hangat, teman-2nya care terhadap dirinya yang hidup sendirian setelah bercerai dari istrinya dan berpisah dari anak laki-2nya. Tetapi semuanya itu berubah ketika pada suatu hari -- gara-2 marah karena hal yang lain -- salah satu anak asuhnya, Klara (Annika Wedderkopp), yang juga anak dari teman akrabnya, Theo (Thomas Bo Larsen), bercerita kepada kepala fasilitas bagaimana Lucas mempertontonkan bagian privatnya ke dirinya. Dalam film ini tidak ada pertanyaan “is-he-or-isn't-he”, karena penonton mengetahui bahwa cerita tersebut tidak benar -- peristiwa tersebut tidak berasal dari Lucas, tetapi dari kakak laki-2 Klara yang menginjak remaja. Kaget mendengar cerita tersebut, investigasi langsung dilakukan: child psychologist dipanggil, para orang-tua murid juga dipanggil. Diberikan daftar symptoms/tanda-2 dari korban pelecehan seksual -- segala sesuatu dari mimpi buruk sampai uring-2an, para orang-tua murid yang lain jadi yakin bahwa Lucas juga melakukan perbuatan tidak senonoh yang sama terhadap anak mereka. Seandainya script film ini tidak serius, film ini bisa menjadi satire tentang orang-tua yang over-protective terhadap anaknya: kalau anaknya bilang peristiwa tersebut tidak terjadi, ini malah dianggap anaknya sedang “in denial”. Situasi bergulir dari buruk menjadi semakin buruk ketika pihak kepolisian menolak menangkap Lucas gara-2 bukti yang tidak cukup -- situasi ini bukannya membersihkan namanya, tetapi malah membuat dirinya semakin dibenci oleh masyarakat.

Bagaimana, sampai kapan, atau pernahkah Lucas terbebas dari fitnah tersebut?

Dalam film ini Mikkelsen memperoleh kesempatan menampilkan versatilitas aktingnya. Dengan ekspresi wajah dan suara yang terkontrol dengan subtle/tidak kentara, Mikkelsen dengan sangat baik menampilkan potret bernuansa, gelegak dalam hati, seorang yang dipaksa merasa bersalah dari tindakan yang tidak pernah dia lakukan. Aktingnya ini berhasil mengantarnya ke Aktor Terbaik di Festival Film Cannes tahun 2012 yang lalu.

Prediksi Nominasi Oscar 2014:
  • Film Berbahasa Asing (Bukan-Inggris) Terbaik





The Hunt dapat anda temukan di eBay.com

No comments: