Tuesday 13 January 2015

Begin Again

OSCAR WATCH 2015

BEGIN AGAIN (7.8/10)


Negara Asal: Amerika Serikat
Sutradara: John Carney
Script Original: John Carney
Cast: Keira Knightley, Mark Ruffalo, Adam Levine, Catherine Keener, Hailee Steinfeld, James Corden
Sinematografi: Yaron Orbach

Tribute untuk Steve Jobs dan karya-2nya ...

Selama ini Greta (Keira Knightley), seorang penyanyi muda + penulis lagu yang idealis yang sedang mencari jalan menuju jenjang profesional, selalu berada di balik bayangan ketenaran kekasihnya, Dave (Adam Levine), yang sudah berhasil menerbitkan album. Akhirnya berpisah dari kekasihnya, Greta bergabung dengan teman akrabnya, sesama musisi, Steve (James Corden), menyanyi di  tempat-2 minum di Manhattan, New York. Sementara itu Dan (Mark Ruffalo) baru saja dipecat dari pekerjaannya sebagai produser di sebuah perusahaan rekaman karena sudah lama tidak berhasil menemukan penyanyi baru. Ketika Dan pas mampir di salah satu dari tempat-2 minum tersebut, Dan sangat terkesan dengan penampilan Grace. Mula-2 skeptis -- tidak percaya diri dan takut gagal -- dengan tawaran Dan untuk mencoba mengorbitkannya, Grace akhirnya bersedia bekerja sama dengannya. Ternyata memang betul rencana tersebut tidak dapat dengan mudah terlaksana:  bos perusahaan rekaman tidak percaya dengan penilaian Dan dan tidak bersedia mengeluarkan biaya sepeserpun untuk membuat rekaman percobaan. Sementara masing-2 harus menggeluti masalah-2 pribadinya, Dan dan Grace akhirnya memilih cara alternatif membuat rekaman percobaan secara independen: tidak perlu studio besar, cukup dengan Apple Mac, iPhone, dan iPod saja; tidak perlu pemusik profesional, cukup dengan pemusik amatir atau pelajar dari sekolah musik saja; settingnya tidak perlu lokasi-2 yang eksotik dan mahal, cukup di gang sempit, atap gedung, atau tempat-2 umum yang gratis saja.

Ha, ha, I like this ... I really like this :-)


Seandainya film ini dibuat 10 tahun yang lalu, penonton mungkin menilai ceritanya mengada-2: Merekam sendiri? Melawan studio besar?? Mana mungkin?! Dan memang seperti itulah reaksi orang ketika Steve Jobs memperkenalkan iPod yang dia perkirakan akan mengubah cara orang menikmati musik (dan cara studio/artis mendistribusikan musik). Sejak itu, dari sisi konsumen, memang betul ada perubahan besar bagaimana kita menikmati musik: akses ke database musik yang lebih besar, akses ke musik dengan lebih cepat, try before you buy, membeli secara fleksibel: individual, tidak perlu seluruh album, dlsb-nya. Tetapi dari sisi produsen, para studio dan artis, mereka memang lebih lambat perubahannya. Film ini adalah “wake-up call” untuk produsen musik, khususnya para pemusik muda yang sedang mencari jalan menuju jenjang profesional: Jangan terpaku dengan cara lama yang sudah established, yang sulit untuk ditembus; ada cara yang lain, cara yang independen, yang bisa dilakukan setiap orang asal dia memang mau. Di sini memang sudah sepantasnya karya-2 Steve Jobs ditampilkan, karena visi Jobs-lah yang merevolusi industri musik: membuka dan membagi peluang untuk setiap orang! Bravo!


Adam Levine, lead vocalist dari grup Maroon 5, menyanyi beberapa lagu dalam film ini. Tetapi yang paling menyenangkan adalah fakta bahwa Keira Knightley menyanyi betulan (bukan dubbing) dalam film ini. Tidak hanya 1 lagu, tetapi 5 lagu! Dan semuanya lagu-2 yang bagus. Satu di antaranya, berjudul  “Lost Stars”, sangat pantas masuk nominasi Lagu Terbaik dalam Oscars tahun ini.

Film ringan yang berbobot, dengan soundtrack yang pantas untuk dimiliki.

Akankah Keira Knightley tampil dalam Oscars menyanyikan lagu ini? Kita tunggu saja.

Prediksi Oscar 2015:
  • Nominasi Lagu Terbaik untuk “Lost Stars” (musik dan lirik oleh Gregg Alexander, Danielle Brisebois, Nick Lashley, Nick Southwood; dinyanyikan oleh Keira Knightley)



Begin Again dapat anda temukan di eBay.com

No comments: