Friday 2 January 2015

Boyhood

OSCAR WATCH 2015

BOYHOOD (8.0/10)


Negara Asal: Amerika Serikat
Sutradara: Richard Linklater
Script Original: Richard Linklater
Cast: Ellar Coltrane, Patricia Arquette, Lorelei Linklater, Ethan Hawke
Sinematografi: Lee Daniel, Shane Kelly

Gaya bercerita linier -- tanpa struktur standard yang sudah terbiasa kita kenal: pembuka (setting up), tengah (konflik), penutup (resolusi) -- yang populer dalam dunia perfilman Eropa, akhirnya tahun ini bakal meramaikan kompetisi Oscars. Namun demikian, film karya Richard Linklater ini (School of Rock, 2003) mempunyai keistimewaan tersendiri, yaitu dibuat dalam kurun waktu 12 tahun, mengikuti pertumbuhan pemeran utamanya, Mason (Ellar Coltrane), sejak dia berusia 6 tahun sampai dia berusia 18 tahun.

Boyhood adalah drama Coming of Age, yaitu perjalanan suka-duka Mason dan kakaknya, Samantha (Lorelei Linklater), juga diperankan oleh orang yang sama sejak dia kecil sampai dia besar, menjadi dewasa. Ibunya seorang “sole parent” (Patricia Arqutte), diceritakan memiliki mereka ketika dia tidak siap; sedang ayahnya seorang musisi (Ethan Hawke), diceritakan sering pergi dan tidak jelas apa yang dia kerjakan. Berusaha memperbaiki nasib, ibunya harus sering berpindah-2 tempat, mulai dari mencari pekerjaan yang lebih baik sampai kembali ke universitas untuk melanjutkan studi agar bisa mendapatkan pekerjaan yang lebih baik. Karena masih muda, ibunya juga berusaha mencari pasangan lagi, tetapi mendapatkan yang cocok, terutama yang cocok untuk anak-2nya ternyata tidak mudah. Sedang ayahnya, walaupun sering tidak mempunyai uang, selalu datang menjenguk, berusaha menjadi ayah, menasehati, dan membahagiakan mereka sebisanya.

Yang mengejutkan, sekaligus mengesankan, dari film ini adalah walaupun Mason dan Samantha masih anak-2, istilahnya “innocent” (tidak mengerti apa-2), mereka ternyata memahami situasi orangtuanya -- walaupun mereka lebih sering memilih diam saja, karena mereka belum mampu mengartikulasikannya, tetapi mereka sesungguhnya mengerti! Dan mereka mengerti apa yang jelek dan apa yang baik dari orangtuanya. Bagian ini betul-2 mengena: Hati-2lah jadi orangtua. Jangan pernah berpikir anak-2 tidak mengerti apa-2 tentang tingkah-laku orangtuanya. They understand!

Boyhood akhirnya tidak hanya Coming of Age untuk Mason dan Samantha saja, tetapi juga untuk ayah dan ibunya, juga untuk penonton. Film ini dapat menjadi cermin untuk kita semua.

Very good. Very impressive.

Prediksi Oscar 2015:
  • Nominasi Film Terbaik
  • Nominasi Sutradara Terbaik (Richard Linklater)
  • Nominasi Aktor Pendukung Terbaik (Ethan Hawke)
  • Nominasi Aktres Pendukung Terbaik (Patricia Arquette)
  • Nominasi Script Original Terbaik (Richard Linklater)
  • Nominasi Editing Terbaik



Boyhood dapat anda temukan di eBay.com

No comments: