Monday 24 October 2011

Goodbye, Mr. Chips

Resensi Film: Goodbye, Mr. Chips (****/4)

Tahun Keluar: 1939
Negara Asal: UK
Sutradara: Sam Wood
Cast: Robert Donat, Greer Garson

Plot: Seorang bekas guru dan kepala sekolah mengenang kembali karier dan kehidupannya selama lebih dari lima dasawarsa (IMDb).

Mr. Chips berpesan kepada murid-2nya:
I do remember you ... as you are now. In my mind, you remain boys.

Lambat dan sentimental, adaptasi dari novel dengan judul yang sama karya James Hilton ini -- penulis yang sama dari "Lost Horizon" -- akan terasa antik untuk generasi jaman sekarang. Tetapi, penonton yang sabar akan menemukan film ini sebagai studi karakter yang sangat baik. Robert Donat dapat memainkan karakter yang flamboyan, seperti dalam The 39 Steps (1935) di bawah arahan Alfred Hitchcock, tetapi dia juga dapat memainkan karakter yang sifatnya 180 derajat terbalik, Mr. Chips. Meskipun hampir di seluruh film Donat harus mengenakan makeup yang berat untuk tampil tua, dia berhasil menangkap personalitas Mr. Chips dengan sempurna -- dan untuk ini dia memperoleh Oscar untuk Aktor Terbaik. Tahun 1939 adalah salah satu dari tahun-2 keemasan Hollywood, dan kompetisi Oscar untuk Aktor Terbaik termasuk Clark Gable dalam Gone with the Wind, Laurence Olivier dalam Wuthering Heights, dan James Stewart dalam Mr. Smith Goes to Washington. Kompetisi yang berat ... dan kemenangan Donat, yang menerima nominasi setahun sebelumnya untuk perannya dalam The Citadel (1938), adalah di luar dugaan para penebak Oscar. Greer Garson, yang memainkan debut-nya sebagai Katherine, kekasih Mr. Chips, berhasil bersinar tetapi tanpa mengambil alih perhatian penonton dari pemeran utama. Romans antara Chips dan dirinya betul-2 menyenangkan untuk ditonton. Chips begitu kikuk, dan dia begitu terhibur dengan tingkah laku tersebut. Donat dan Garson menampilkan chemistry yang hebat di antara keduanya.

Mr. Chips berkata kepada Katherine:
Up here, there's no time, no growing old, nothing lost.
Transformasi Donat dari pria yang tidak percaya diri ketika dia single ke pria yang percaya diri setelah dia bertemu dengan istrinya betul-2 mulus dan meyakinkan. Dan Garson betul-2 pantas menjadi wanita yang membangkitkan kepercayaan diri tersebut. Untuk penampilannya ini Garson menerima nominasi Oscar untuk Aktres Terbaik -- dalam waktu enam tahun berikutnya, dia menerima lima kali nominasi untuk Aktres Terbaik dan memenangkan satu kali untuk perannya dalam Mrs. Miniver (1942).

Salah satu aspek yang indah dari film ini adalah pandangan perkawinannya yang ideal: film ini menunjukkan bagaimana sebuah perkawinan dapat menjadi ideal, yaitu dua orang yang menjadi lebih baik ketika mereka bersatu daripada ketika mereka hidup sendiri-2. Kalau anda merasa depressed menyaksikan super-hero yang kehebatannya eksplisit, seperti yang sering ditampilkan dalam film-2 modern, film ini justru menampilkan sebaliknya, yaitu orang biasa yang kehebatannya implisit, yaitu kesederhanaan! Goodbye, Mr. Chips menerima enam nominasi Oscar yang lain, termasuk Fim Terbaik, Sutradara Terbaik, dan Screenplay Terbaik.

Cerita (****)
Screenplay (****)
Karakter (****)
Akting (****)

Keseluruhan: ****/4

Goodbye, Mr. Chips dapat anda temukan di eBay.com

No comments: