Wednesday 3 August 2011

Quiz Show

Resensi Film: Quiz Show (***1/2/4)

Tahun Keluar: 1994
Negara Asal: USA
Sutradara: Robert Redford
Cast: John Turturro, Rob Morrow, Ralph Fiennes, Paul Scofield

Plot: Seorang asisten profesor muda dari Columbia University terlibat dalam skandal acara kuiz di televisi pada tahun 1950-an (IMDb).

Robert Redford lebih banyak dikenal sebagai aktor, padahal dia juga sutradara yang mumpuni. Dari sedikit film-2 hasil arahannya, satu telah memenangkan Oscar untuk Film Terbaik, yaitu Ordinary People (1980), dan beberapa yang lain telah mendapatkan nominasi Oscar untuk berbagai kategori, salah satunya adalah Quiz Show. Berdasarkan kisah nyata tentang skandal acara kuiz "Twenty One", yang disiarkan oleh stasiun televisi NBC pada tahun 1950-an, adaptasi dari sebuah bab dari memoir berjudul "Remembering America" karya Richard Goodwin ini menceritakan perjalanan sukses dan jatuh dari Charles Van Doren, asisten profesor muda dari Columbia University, yang memenangkan acara kuiz tersebut selama berminggu-2 dan mengumpulkan total hadiah sejumlah $129,000 (lebih dari $1 juta menurut ukuran saat ini). Didukung oleh script yang rapi dan tajam, dan akting yang menjiwai dari seluruh cast, Redford berhasil mengemas kisah nyata yang menarik ini menjadi drama Faustian*) yang memikat dan menegangkan. Di sepanjang film, Redford tidak pernah melepas konflik etnis dan kelas, dan skandal korupsi yang terjadi -- sampai-2 penonton tidak tercengang lagi dengan korupsinya, tetapi dengan luasnya konspirasi tersebut telah menjalar -- mulai dari kontestan, produser, pembawa acara, sponsor, sampai ke pimpinan paling tinggi ... semuanya terlibat! Secara tidak langsung, film ini adalah pengamatan terhadap Amerika pada tahun 1950-an dan pengaruh televisi dalam mengubah karakter Amerika. Ralph Fiennes memegang peran utama sebagai Charles Van Doren dan memainkan perannya dengan sangat baik, Paul Scofield memberikan dukungan yang berbobot, tetapi John Turturro-lah yang berhasil mencuri centre stage dengan permainannya yang tak terlupakan sebagai Herbert Stempel.

*) Faustian adalah legenda klasik tentang orang bijak yang karena ketidakpuasannya bersekongkol dengan roh jahat dengan menukar jiwanya dengan kenikmatan dunia.

Cerita (***)
Screenplay (***1/2)
Karakter (***1/2)
Akting (***1/2)

Keseluruhan: ***1/2/4

Quiz Show dapat anda temukan di eBay.com

No comments: