Tuesday 23 August 2011

Sullivan's Travels

Resensi Film: Sullivan's Travels (**1/2/4)

Tahun Keluar: 1941
Negara Asal: USA
Sutradara: Preston Sturges
Cast: Joel McCrea, Veronica Lake, Robert Warwick

Plot: Sutradara terkenal film-2 komedi, John Sullivan, tiba-2 ingin ganti haluan membuat film "penting" tentang kehidupan masyarakat miskin. Untuk itu dia pergi menyamar sebagai orang miskin -- yang akhirnya membangunkan dia pada kenyataan yang pahit (IMDb).

Sullivan's Travels adalah komentar sosial dengan pesan yang ironisnya berlawanan dengan film ini sendiri, yaitu sutradara film sebaiknya mengurusi hiburan saja dan bukan komentar sosial. Pesan yang senada diucapkan dengan sangat tajam oleh pembantu Sullivan (Robert Greig):
Poverty is not the lack of anything, but a positive plague, virulent in itself, contagious as cholera, with filth, criminality, vice and despair as only a few of its symptoms. It is to be stayed away from, even for purposes of study. It is to be shunned.

Kelemahan terbesar dalam film ini terletak pada karakter utamanya, Sullivan (John McCrea) -- Sullivan yang kaya dan manja tidak berhasil membangkitkan simpati yang sama seperti Tramp (Charlie Chaplin) yang miskin dan bersahaja dalam film-2 Chaplin.

Cerita (**1/2)
Screenplay (***)
Karakter (**1/2)
Akting (**1/2)

Keseluruhan: **1/2/4

Sullivan's Travel dapat anda temukan di eBay.com

No comments: