Thursday 3 November 2011

Gentlemen Prefer Blondes

Resensi Film: Gentlemen Prefer Blondes (***/4)

Tahun Keluar: 1953
Negara Asal: USA
Sutradara: Howard Hawks
Cast: Jane Russell, Marilyn Monroe, Charles Coburn, Elliott Reid, Tommy Noonan

Plot: Dua penyanyi panggung pergi ke Paris sambil dibuntuti oleh seorang detektif swasta, seorang bandot tua dan sepasukan fans (IMDb).

Gentlemen Prefer Blondes adalah drama komedi musical yang secara khusus dikemas untuk dua bintang utamanya, Jane Russell dan Marilyn Monroe. Sutradara seperti Billy Wilder mungkin dapat memberi film ini lebih banyak kedalaman, tetapi Howard Hawks dengan temponya yang tinggi membuat film ini lebih enak ditonton walaupun substansinya terasa kurang -- ceritanya setipis kertas dan kekurangan emosi riel. Tiga dari lima karakter utamanya terasa karikaturis, namun demikian kekurangan tersebut justru membuat mereka menarik. Juga kejutan yang menyenangkan ketika Henry Spofford III yang misterius ternyata adalah anak kecil dengan wajah tanpa ekspresi. Walaupun Russell menempati urutan pertama dalam anggota cast-nya, film ini adalah filmnya Monroe dan dia betul-2 bersinar. Russell mengucapkan dialog-2 sarkastik yang mengundang tawa, tetapi Monroe-lah yang melontarkan dialog-2 terbaiknya yang cespleng, misalnya:
Esmond Sr.: Have you got the nerve to tell me you don't want to marry my son for his money?
Lorelei Lee: It's true.
Esmond Sr.: Then what do you want to marry him for?
Lorelei Lee: I want to marry him for YOUR money.
atau
Lorelei Lee: Don't you know that a man being rich is like a girl being pretty? You wouldn't marry a girl just because she's pretty, but my goodness, doesn't it help?
... :-) Dan penampilan panggung Monroe, misalnya ketika dia menyayikan "Diamonds Are a Girl’s Best Friend", betul-2 menobatkan dirinya sebagai simbol seks yang iconic. Tetapi pujian tertinggi mesti ditujukan kepada Howard Hawks yang berhasil membuat semua elemen dalam film ini bergerak dengan tempo yang tinggi dari awal sampai akhir.

Cerita (***)
Screenplay (***)
Karakter (***)
Akting (***)

Keseluruhan: ***/4

Gentlemen Prefer Blondes dapat anda temukan di eBay.com

No comments: