Wednesday 2 November 2011

Bram Stoker's Dracula

Resensi Film: Bram Stoker's Dracula (***1/2/4)

Tahun Keluar: 1992
Negara Asal: USA
Sutradara: Francis Ford Coppola
Cast: Gary Oldman, Winona Ryder, Anthony Hopkins, Keanu Reeves

Plot: Mengingatkan pada almarhumah istrinya, Count Dracula menyekap Jonathan Harker di Transylvania dan pergi ke London untuk mendekati tunangannya, Mina Murray -- menimbulkan kekacauan misterius di sepanjang petualangannya (IMDb).

Bram Stoker adalah penulis yang menciptakan karakter Count Dracula -- dia mendapatkan inspirasinya dari jenderal perang Romania dari abad ke 15 yang bernama Prince Vlad III the Impaler. Rakyat Romania mempunyai legenda sendiri tentang pangeran ini, tetapi Bram Stoker-lah yang menciptakan karakter ini dan mengangkatnya menjadi sensasi internasional. Setelah itu muncul cerita-2, dan konsekuensinya film-2, derivatif tentang vampire yang tidak selalu conform dengan cerita aslinya. Film ini adalah salah satu dari sebagian kecil dari film-2 derivatif tersebut yang conform dengan cerita aslinya -- mungkin karena alasan ini, judul filmnya tidak hanya Dracula, tetapi Bram Stoker's Dracula. Jika anda mengenal cerita Dracula dari penulis aslinya, anda semestinya dapat menikmati film ini dengan lebih baik.

Dekat dengan plot dari cerita aslinya, sutradara Francis Ford Coppola menitikberatkan film ini pada kisah asmara antara Count Dracula dan almarhumah istrinya yang melampaui batas jaman, melampaui hidup dan mati. Fokus ini mengecewakan sebagian besar peggemar film horor yang lebih menghargai elemen shock daripada elemen-2 hati, pikiran, dan emosi. Arahan Coppola terasa sangat kuat, bahkan terlalu kuat. Art Direction-Set Decoration terlihat sangat indah, bahkan terlalu indah. Cinematography, Costume Design, Makeup, dan Sound Effects betul-2 first class. Tetapi penampilan dari dua karakter utamanya-lah, Gary Oldman sebagai Count Dracula dan Anthony Hopkins sebagai Professor Abraham Van Helsing, yang betul-2 "menghidupkan" film ini. Oldman dan Hopkins berhasil menjadi protagonist dan antagonist yang seimbang. Sayang sekali, anggota cast yang lain, khususnya Keanu Reeves, tidak mampu menandingi akting kuat dari dua aktor berpengalaman tersebut. Secara keseluruhan, Bram Stoker's Dracula adalah film yang sangat menarik, bahkan terlalu menarik atau berlebihan, akibat dari nilai produksinya yang mahal. Nevertheless, I enjoyed it.

Cerita (****)
Screenplay (***1/2)
Karakter (***1/2)
Akting (***)

Keseluruhan: ***1/2/4

Bram Stoker's Dracula dapat anda temukan di eBay.com

No comments: