Thursday 23 August 2012

Carnage

Resensi Film: Carnage (7.7/10)

Tahun Keluar: 2011
Negara Asal: France, Germany, Poland, Spain
Sutradara: Roman Polanski
Cast: Jodie Foster, Kate Winslet, Christoph Waltz, John C. Reilly

Plot: Dua pasang orangtua bertemu untuk berekonsiliasi setelah dua anak mereka berantem di halaman bermain (IMDb).

Di sebuah halaman bermain di New York dua anak laki-2 berusia 11 tahun, Zachary dan Ethan, berantem -- Zachary memukul Ethan dengan sebuah tongkat dan merompalkan dua gigi Ethan. Beberapa saat kemudian orangtua Zachary, Nancy dan Alan Cowan (Kate Winslet dan Christoph Waltz) berkunjung ke apartemen orangtua Ethan, Penelope dan Michael Longstreet (Jodie Foster dan John C. Reilly) untuk berekonsiliasi -- meminta maaf atas kelakuan buruk anaknya. Pertemuan yang semestinya cepat dan sederhana ini ternyata berubah menjadi lama dan kompleks: di satu sisi kompromis, di sisi lain antagonis, di satu waktu berlawanan dengan pasangan yang lain, dan di waktu lain berlawanan dengan pasangannya sendiri :-) ; mulai dari ramah karena menjaga sopan-santun sampai kasar karena terus-terang secara blak-2an :-) -- seraya "jerohan" dari masing-2 karakter muncul secara perlahan-2 ke permukaan.

Berdasarkan teater berbahasa Perancis, Le Dieu du carnage (God of Carnage), karya Yasmina Reza, pemenang Tony Award *) untuk Teater Terbaik pada tahun 2009, Carnage adalah "surga"-nya aktor :-) Maksudnya, sama seperti teater (atau film yang diadaptasi dari teater) yang lain, tidak ada yang lain yang bisa kita saksikan di sini selain akting dari para aktornya (!) Kalau anda penggemar cerita-2 sarat akting/karakter, misalnya Who's Afraid of Virginia Woolf?, karya Edward Albee, atau A Streetcar Named Desire, karya Tennessee Williams, walaupun tidak se-intense dua cerita di atas, anda akan menyukai Carnage.

*) Tony Award: Penghargaan tahunan untuk teater-2 yang diproduksi di Broadway, New York.

Walaupun tidak seefektif versi teaternya, dimana alasan pasangan Cowan tidak jadi meninggalkan apartemen pasangan Longstreet terasa lebih masuk akal, arahan dari Roman Polanski yang mulus, set decoration dari Franckie Diago yang elegan dan hangat, dan akting dari keempat tokoh utamanya yang mengesankan berhasil "menempuhi" kekurangan tersebut. Jodie Foster dan Kate Winslet tampil meyakinkan, demikian juga dengan John C. Reilly. Tetapi mungkin Christoph Waltz-lah yang tampil paling efektif dengan penampilannya yang rileks dan terkontrol sebagai eksekutif pabrik farmasi yang tidak bisa lepas dari Blackberry-nya :-) Hanya berdurasi 80 menit, penulis merasa sedih ketika film harus berakhir, karena penulis merasa sudah krasan/tidak ingin meninggalkan apartemen pasangan Longstreet tersebut yang di akhir film nampak semakin hangat karena sinar lampu yang mulai kentara dan warna langit kota New York yang biru tua karena matahari sedang tenggelam.

Oh, please ... may I stay here?

Oh ya, hampir lupa, kalau anda ingin ngliat Kate Winslet muntah di atas coffee table, menciprati yang lainnya -- scene paling lucu dari film ini :-), anda mesti menonton film ini.

* 7.7/10

Carnage dapat anda temukan di eBay.com

No comments: